Saturday, 14 October 2017

Hal yang harus dipersiapkan SBMPTN 2018

Apa sih SBMPTN itu?

SBMPTN atau kepanjangannya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional. Bagi calon mahasiswa, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah.




Nah, pasti sudah sedikit paham, kan, apa itu SBMPTN? Dengan SBMPTN, Kamu akan bersaing dengan seluruh siswa se-Indonesia untuk merebut bangku Universitas Negeri yang Kamu idamkan. Ngeri, kan? Heheh. Semakin kedepan, pasti persaingan akan semakin meningkat dan ketat. Tercatat total pendaftar SBMPTN tahun 2017 adalah 797.738, lebih tinggi dari tahun 2016 sebanyak 721.326 pendaftar. Dan peserta yang lolos hanya 148.006 peserta! 

Baca juga : Edit fotomu menjadi kartun lucu!!

Sudah kebayangkan seberapa beratnya persaingan dalam SBMPTN? Untuk lolos SBMPTN itu cukup sulit, jadi yang harus Kamu lakukan adalah belajar dari sekarang tentang materi-materi yang akan menjadi  soal di SBMPTN tahun 2018 mendatang. Caranya bagaimana? Caranya yaitu, Kamu harus mempelajari soal SBMPTN yang sudah lewat, contohnya adalah soal SBMPTN tahun 2017, 2016, 2015 dan seterusnya. Dengan begitu, Kamu akan mempunyai daya saing yang tinggi dan mempunyai kesempatan untuk dapat merebut bangku Universitas Negeri tersebut.

Mungkin memahami materi adalah hal yang wajib Kamu lakukan saat ini agar bisa merebut bangku Universitas Negeri nanti. Bukan hanya persiapan dengan belajar, ternyata untuk persiapan mengikuti SBMPTN juga mempunyai persiapan yang sangat banyak, lho! Apa saja? Yuk, simak apa saja persiapan yang harus disiapkan!

1. Belajar dari sekarang materi SBMPTN
Kenapa sih harus sekarang Kamu mempelajari materi SBMPTN? Dengan belajar dari sekarang, Kamu akan mempunyai kesempatan yang besar untuk mendapatkan kursi Universitas. Kuncinya yaitu perdalam materi tersebut.


Sumber : Youthmanual.com

Tidak ada salahnya Kamu belajar dari sekarang, karena hal itu akan bermanfaat bagi Kamu sendiri menjelang ujian nanti. Dan yang pasti, Kamu akan menambah ilmu pengetahuan Kamu dengan mempelajari materi tersebut, dan memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi SBMPTN nanti.

2. Menjaga Stamina dan Kesehatan Tubuh
Yang kedua yaitu menjaga kesehatan tubuh Kamu! Kenapa? Karena, ujian SBMPTN hanya satu tahun sekali dilaksanakan, jadi semisal Kamu tiba-tiba sakit ketika hari menjelang ujian, itu akan sangat rugi bagi Kamu, lho!


Source : Merdeka.com

Karena dengan diakannya satu tahun sekali, maka Kamu mau tidak mau harus menunggu tahun depan untuk mengikuti SBMPTN kembali. Jadi, kesehatan sangat penting untuk Kamu, ya! Jangan lupa jaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

3.  Dokumen Persyaratan
Jangan sampai tertinggal ya dokumen persyaratannya, karena jika tertinggal akan mengakibatkan Kamu disuruh keluar dari ruangan ujian nanti. 
Source : Merdeka.com

Apa saja dokumen persyaratan yang harus dibawa?
1.  Kartu tanda peserta;
2.  Foto copy Ijazah SMA / SMK / MA / Sederajat yang sudah terlegalisir.
Dan jangan lupa, ikuti aturan yang berlaku selama ujian SBMTPN!

4. Datang Tepat Waktu
Biasanya sebelum hari menjelang ujian, para peserta berbondong-bondong untuk survei lokasi dimana Dia akan mengikuti ujian. 

Agar datang tepat waktu, Kamu juga bisa melakukan survei lokasi bersama teman-teman Kamu sebelum hari menjelang ujian, biasanya lokasi yang dipakai yaitu di Universitas dan Sekolah Menengah Atas (SMA) terdekat.

5. Alat tulis
Alat tulis adalah senjata utama bagi Kamu untuk menyelesaikan soal ujian SBMPTN Paper Based Test (PBT). Gak kebayang jika Kamu lupa membawa alat tulis saat akan mengikuti ujian. Jangan sampai teradi kepada Kamu, ya. 
Source : Static-src.com

Apa saja alat tulis yang harus dipersiapkan?
1.    Pensil 2B;
2.    Ballpoint hitam;
3.    Penghapus yang bersih (Rekomendasi penghapus hitam agar tidak kotor pada kertas);
4.    Rautan pensil.

 Nah, itu dia hal yang harus Kamu persiapkan sebelum mengikuti Ujian SBMPTN nanti, mungkin ada diantara Kamu yang sudah mempersiapkan salah satu persiapan diatas. Jika Kamu mempunyai persiapan yang lain, jangan lupa terapkan dan catat hal tersebut agar mempermudah Kamu dalam menangani persiapan nanti.
Ada tambahan dari Saya mengenai peraturan SBMPTN 2018 nanti, hal ini agar Kamu tahu lebih awal dan tidak kaget ketika menjelang ujian nanti. Yaitu

Peraturan bagi Peserta yang Mengikuti Ujian Tertulis (Paper Based Test)

Sebelum Ujian Dimulai

1. Peserta ujian harus pastikan sudah tahu lokasi dan ruang ujian sehari sebelum ujian berlangsung. Hal ini untuk menghindari adanya salah lokasi atau masalah teknis saat;
2. Peserta harus datang ke lokasi ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai;
3. Peserta tidak diperbolehkan masuk ruang ujian sebelum ada tanda untuk memasuki ruang ujian;
4. Peserta harus duduk di tempat yang sudah diberi nomor ujian, tidak diperbolehkan menempati tempat duduk lain;
5. Peserta meletakkan KARTU TANDA PESERTA UJIAN dengan foto menghadap ke atas;
6. Peserta tidak diperbolehkan membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku maupun catatan lain pada waktu me masuki ruang ujian;
7. Peserta yang kehilangan KARTU TANDA PESERTA UJIAN harus segera melaporkan diri kepada Pengawas Ujian;

Selama Ujian Berlangsung

1. Peserta tidak diperbolehkan membuka naskah soal ujian (NSU) sebelum diberi tanda oleh Pengawas Ujian;
2. Setelah tanda ujian dimulai, pertama peserta harus memeriksa lembar naskah ujian dengan seksama untuk melihat kelengkapan lembar NSU. Apabila ditemukan lembar naskah yang tidak lengkap segera minta diganti dengan NSU yang baru;
3. Peserta harus memeriksa kondisi Lembar Jawaban Ujian (LJU);
4. Peserta mengisi Lembar Jawaban Ujian dengan pensil 2B;
5. Selama ujian berlangsung peserta tidak diperbolehkan meninggalkan ruang ujian, kecuali seizin pengawas ujian;
6. Apabila peserta telah selesai mengerjakan ujian sebelum waktu ujian berakhir, maka peserta harus tetap duduk di tempat sampai waktu ujian berakhir;
7. Peserta tidak diperbolehkan saling meminjam alat tulis, berbicara,menggunakan catatan, serta melakukan kecurangan dalam bentuk apapun.


Setelah Ujian Selesai

1. Peserta harus memeriksa nama, nomor peserta dan tanggal lahir pada Lembar Jawaban Ujian (LJU). Pastikan sudah diisi dan dihitami dengan benar serta sudah ditandatangani;
2. Peserta tidak diperbolehkan meneruskan pekerjaan serta tetap duduk di tempat pada saat bel tanda waktu ujian berakhir berbunyi;
3. Peserta baru boleh meninggalkan tempat setelah diberi tanda oleh Pengawas Ujian.

Sanksi

Setiap pelanggaran terhadap tata tertib ujian masuk, akan mengakibatkan peserta ujian tidak diikutsertakan dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru. 


Terima kasih sudah membaca artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk Kamu yang akan mengikuti SBMPTN 2018 nanti. 



1 komentar so far

This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon